Jalan Kaki Situ Gede menuju Pasirdatar Gunung Galunggung

Kami bertiga Zaky, Wahyu dan Angga memutuskan untuk melakukan perjalanan dari Wisata Situ Gede Kota Tasikmalaya menuju Area Wisata Pasirdatar Gununggalungg Kabupaten Tasikmalaya yang jaraknya kurang lebih 17 kilo meter.

Perjalanan dimulai pada pukul 11.00 WIB dengan menyusuri jalan tanah pada sisi sungai sepanjang 5km dan sampai pada ujung kami berbelok di Desa Tawangbanteng Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya, istirahat di Bengkel tambal ban setelah 1 jam perjalanan.

Pukul 13:00 WIB kami melanjutkan perjalan dengan melawati area Pasar Tawangbanteng, sesekali pandangan orang tertuju ke kami mungkin ada pertanyaan "ini orang leleumpangan ek kamana? " hehehe

Kami singgah dulu di Penjual Combro dan Misro sekedar mengisi perut untuk bisa meneruskan perjalan menuju perempatan jalan Cisinga dimana arah lurus menuju Wisata Galunggung sedangkan kami menuju arah kanan dan berbelok ke area penambangan pasir untuk menuju Pasir Datar.

Sebelum menuju arah Pasirdatar kami makan siang dulu di Ayam Bakar dan Goreng Bismillah di Desa Mekarjaya Kecamatan Padakembang Kabupaten Tasikmalaya, konon kata orang masakan goreng dan bakar ikan, bebek, ayam nya enak mantap, selesai Shalat Dzuhur dan makan kami lanjutkan perjalan menuju Area Pasirdatar Galunggung dengan Hujan Deras yang kami perkirakan hujan akan terus menemani kami sampai tujuan.

Langkah demi langkah kami lakukan tak terasa sore menjelang magrib kami sampai juga Pukul 18:22 WIB di Area Pasir datar dengan kondisi hujan deras, istirahat kami lakukan sembar menunggu sang langit reda dari hujannya agar bisa mendirikan tenda.

Pukul 20:00 WIB akhirnya langit meredakan hujannya dan sambutan kabut tebal dingin nan syahdu menghampiri menemani kami mendirikan tenda Tarptent KAMBUNO. Rutinitas biasa kami lakukan, menyeduh kopi malam dimana kopi tak pernah bertanya kepada penikmatnya dimanapun berada agar bisa dinikmati dikala suka dan duka. Malam semakin larut kita memasak nasi dan bebek goreng yang kami beli di warung nasi bismillah.

Alhamdulilah perjalanan yang kami tempuh selama 8 jam memberikan nuansa berbeda bagi perasaaan kami. Mudah mudahan di lain waktu Kita akan kembali